Sejarah Senam Lantai РSenam merupakan cabang olahraga yang memiliki makna mengharuskan seseorang melakukan gerakan dengan kekuatan, keserasian, kecepatan serta gerakan yang sinkron. Terdapat berbagai macam jenis cabang olahraga senam seperti, senam aerobik, senam SKJ, dan senam lantai.

Kali ini kita akan membahan tentang sejarah senam lantai dimulai dari awal mula munculnya senam lantai dan perkembangan senam lantai di Indonesia hingga di dunia.

Sejarah Global Senam Lantai

Menurut sejarah senam lantai, senam lantai muncul di daerah China pada tahun 2700 sebelum masehi.

Pada masa itu, biarawan China telah mengenal berbagi bentuk gerakan sederhana dalam senam lantai.

Sebelumnya, mereka melakukan gerakan-gerakan dasar tersebut bukan untuk dasar gerakan senam lantai, namun melainkan upaya pengobatan serta bela diri.

Sejarah senam lantai mengatakan seluruh berkas warisan gerakan dasar senam lantai berada di dalam kitab warisan kong hu cu. Di dalam kitab warisan terdapat gerakan dasar sederhana yang memiliki fungsi pengobatan untuk tubuh.

Namun, sebagian orang mengatakan jika senam lantai berasal dari India.

Untuk gerakan yang memiliki ikatan khusus dengan India merupakan gerakan senam lantai yoga, sebelumnya India tidak di pungkiri lagi bahwa negara ini memiliki gerakan khusus yang memiliki fungsi untuk pengobatan serta pernafasan,

Setelah di teliti kembali, gerakan dasar yoga memiliki kesamaan dalam gerakan senam lantai, contohnya gerakan dasar kayang.

Orang India percaya pada yoga sebagai gerakan untuk menyembuhkan rasa sakit dan sebagai gerakan untuk menyembah para dewa.

Sejarah senam lantai juga dapat dilihat di piramida Mesir. Banyak piramida Mesir menggambarkan senam lantai. Piramida Mesir menggambarkan gerakan yang pernah dilakukan nenek moyang mereka. Pada saat itu, mereka berbicara tentang kehidupan mereka, yang termasuk beberapa gerakan yang mirip dengan gerakan senam lantai.

Beberapa peneliti bahkan mengklaim bahwa nenek moyang mereka menyadari gerakan sederhana latihan dan senam lantai yang mirip dengan gerakan yoga India.

Dari fakta-fakta yang dijelaskan di atas, dapat disimpulkan bahwa sejarah senam lantai bukan dari abad ke-20 dan seterusnya, tetapi bahwa nenek moyang kita menyadari gerakan sederhana yang mirip dengan senam lantai modern. Secara umum, gerakan sederhana pada saat itu digunakan sebagai metode pengobatan dan sebagai sarana menyembah para dewa.

Sejarah Senam Lantai Indonesia

Sejarah senam lantai di pintu masuk ke Indonesia diyakini telah terjadi pada tahun 1912. Tahun itu, Indonesia masih berada di bawah kekuasaan kolonial oleh Belanda, sehingga senam lantai masuk kurikulum sekolah. Sejak saat itu, orang Indonesia menjadi sadar akan senam lantai.
Pada tahun 1916, ketika gerakan senam lantai menjadi populer di Indonesia, kelas senam lantai 1 akhirnya mulai diadakan di Kota Bandung, Kota Malang, dan kota-kota besar lainnya.

Senam pertama yang diperkenalkan pada saat itu adalah senam gaya Jerman. Sistem ini menekankan kemungkinan gerakan berlimpah sebagai alat pendidikan.

Kemudian, pada tahun 1916, itu digantikan oleh sistem Swedia, yang lebih menekankan pada manfaat olahraga.

Sistem ini dibawa dan diperkenalkan oleh seorang petugas kesehatan di Angkatan Laut Kerajaan Belanda. Dokter H.F. Minkema. Dari sinilah gerakan senam mulai menyebar ke berbagai wilayah Indonesia.

Ketika Masa Kolonial Jepang, mereka malah melarang orang melakukan senam dan menggantinya dengan Taiso.

Taiso adalah jenis senam pagi yang harus dilakukan di sekolah sebelum kelas dimulai, dan iringan radio disiarkan pada saat yang sama.

Namun, orang Indonesia sangat menentang Taiso dan memiliki keberanian untuk mengulang senam yang telah mereka lakukan selama era kolonial Belanda. Itu berlanjut sampai Era Kemerdekaan.

Ketika gerakan senam menjadi populer, organisasi yang melatih pesenam berbakat muncul. Dibentuk pada tahun 1963, organisasi ini bernama Persani (Federasi Senam Indonesia).

Lebih banyak aktivis senam akhirnya perlahan menemukan potongan senam baru, seperti senam lantai, senam aerobik, dan sebagainya.

nah itulah beberapa sejarah senam lantai mulai dari di dunia hingga masuk ke Indonesia.

Share your love