Komponen Elektronika

Jual Komponen Elektronika Surabaya

Komponen elektronika merupakan jenis benda dalam sebuah rangkaian peralatan elektronika berperan sebagai pendukung yang bekerja sesuai dengan fungsinya masing-masing. Komponen elektronika membutuhkan daya relatif kecil untuk dapat membuat komponen tersebut bekerja. Jenis komponen ini ada beberapa yang langsung menempel ke CCB,  PCB, Veroboard, Protoboard atau jenis papan rangkaian serta ada yang tidak menempel secara langsung pada papan rangkaian seperti contohnya kabel.

Seiring dengan berkembangnya dunia industri, tentu untuk kebutuhan komponen elektronikanya semakin besar.

Pengenalan komponen elektronika ini akan kami bahas jenis-jenis komponen elektronika lengkap dengan fungsinya komponen elektronika, beserta simbol yang digunakan pada komponen elektronika.

Izumi Store Tangerang

Jual Komponen Elektronika Surabaya

Komponen elektronika surabaya

Jual komponen elektronika mikrokontroller seperti led, resistor, kapasitor, IC, crystal, kabel dan chip mikrokontroler, merupakan komponen yang dibutuhkan ketika anda membuat proyek elektronika atau mikrokontroler. Baik untuk hobi maupun pekerjaan. Kami menyediakan berbagai komponen elektronika tersebut dengan sangat lengkap guna untuk memudahkan anda memperoleh komponen dengan kualitas tinggi dan harga terjangkau. Beli berbagai macam komponen elektronika langsung di tempat kami.

Jenis Komponen Elektronika

  • Resistor

Resistor adalah komponen dasar elektronika pasif yang digunakan untuk membatasi jumlah arus yang mengalir dalam satu rangkaian. Sesuai dengan namanya resistor bersifat resistif dan umumnya terbuat dari bahan karbon.

Resistor memiliki fungsi utama sebagai penghambat atau penahan arus. Pada rangkaian elektronika resistor digunakan untuk mengurangi nilai dari arus sebagaimana rumusnya I=V/R, memiliki satuan ohm (Ω).

  • Induktor

Sebuah komponen yang digunakan untuk menyimpan energi pada medan magnet yang diakibatkan oleh arus listrik yang melewatinya. Kemampuan induktor dalam menyimpan energi magnet diukur berdasarkan satuan henry. Induktor ini biasanya berbentuk sebuah kawat penghantar yang dibentuk menjadi kumparan.

Induktor juga biasa disebut sebagai Coil Kumparan. Merupakan komponen elektronik pasif yang berfungsi untuk mengatur frekuensi, memfilter dan juga sebagai penyambung. Induktor ini biasa ditemukan pada rangkaian elektronika yang berhubungan dengan frekuensi seperti tuner pesawat radio.

Pada rangkaian DC, induktor berfungsi untuk menstabilkan tegangan DC terhadap fluktuasi arus. Sedang pada rangkaian AC, induktor berfungsi untuk mereduksi fluktuasi arus yang tidak diinginkan.

  • Kapasitor

Kapasitor atau bisa juga kondensator adalah suatu komponen yang berfungsi untuk menyimpan energi atau muatan listrik untuk waktu yang sementara.

Komponen Elektronika Aktif

  • Transistor

Sebuah komponen elektronik aktif multitermal yang nilai resistensinya antara terminalnya dapat diatur. Transistor biasanya memiliki tiga terminal. Transistor memiliki banyak sekali fungsi yang diantaranya digunakan untuk saklar, modulasi sinyal dan sebagainya.

Transistor memiliki fungsi yang diantaranya sebagai switch (pemutus dan penghubung). Penguat arus, stabilitasi tegangan, modulasi sinyal, dan lain sebagainya. 3 terminal yang dimiliki transistor yaitu base/basis (B), Emitor (E) dan Collector (K).

  • Dioda

Merupakan salah satu elektronika aktif yang berguna untuk mengalirkan arus listrik ke satu arah saja. Selain sebagai penyearah arus juga berfungsi menghambat arus listrik dari arah yang berlawanan.

Dioda merupakan komponen yang mempunyai satu penghubung atau junction yang sering disebut komponen 2 lapis, lapis N dan lapis P. Sehingga dioda masuk ke dalam komponen elektronika semikonduktor.

  • Integrated Circuit (IC)

IC merupakan sebuah komponen aktif yang terdiri dari gabungan ribuan bahkan jutaan transistor, resistor, dioda dan komponen lainnya. Sebuah IC biasanya berbahan semikonduktor.

IC dikemas dan dibentuk dalam sebuah kemasan kecil yang kompleks.  IC memiliki bentuk yang bermacam-macam, mulai dari yang berkaki 3 hingga ratusan bahkan ribuan kaki terminal.

  • Saklar (Relay / Switch)

Saklar atau switch merupakan komponen aktif yang memiliki fungsi sebagai memutuskan serta menghubungkan aliran listrik. Saklar pada rangkaian elektronika pada umumnya menggunakan push button atau saklar kecil. Saklar ini digunakan untuk berbagai macam keperluan diantaranya untuk mematikan rangkaian, mengubah sinyal high menjadi low dan sebagainya.

  • Transformator

Trafo juga merupakan komponen aktif yang memiliki fungsi utama yaitu menaikan tegangan (tranformator step up) dan menurunkan tegangan (step down).

Produk Komponen Elektronika Surabaya

jual soldering iron surabaya

Soldering Iron

jual saklar kecil surabaya

Saklar Kecil 3 kaki

jual resistor trimpot surabaya

resistor trimpot

jual lithium charger surabaya

lithium charger step down buck

jual audio amplifier surabaya

audio amplifier mini

jual multimeter digital

multimeter digital

jual transistor surabaya

transistor

jual dioda surabaya

dioda

wireless saklar

vibration module

solder atractor aspirator

gearbox roda

Jual Komponen Elektronika Surabaya

Info Pemesanan Hubungi

Alasan Memilih Kami

  • Dijamin amanah dan bergaransi
  • Langsung dari tangan pertama
  • Produk berkualitas
  • Harga grosir
  • Sudah lulus quality control

Jual Komponen Elektronika Surabaya

Fasilitas Layanan Kami

24/7

24/7

Layanan Customer Service 24 Jam

delivery

Delivery

Dalam maupun luar kota

pengiriman

Pengiriman

Dalam maupun luar kota

Just to share with everyone