Jual Bibit Jahe Merah Surabaya

Agen bibit jahe merah surabaya
Jual bibit jahe merah surabaya

Menyediakan jual bibit jahe merah surabaya dengan kualitas super siap kirim ke luar kota atau luar jawa. Melayani pembelian dengan jumlah partai besar dan ecer, siap kirim ke seluruh wilayah Indonesia.

Jahe merah merupakan salah satu jenis tanaman obat yang termasuk dalam kelompok tanaman atau tumbuhan dengan jenis tanaman rumpun berbatang semu atau berimpang. Biasa digunakan untuk rempah-rempah ataupun untuk campuran makanan. Sangat dipercaya dijadikan untuk campuran obat yang menjadi minuman khas menyehatkan tubuh dengan khasiat jahe merah yang banyak dibutuhkan.

Info lebih lanjut hubungi : 08885146031 (WA) 24 JAM

Pemilihan Bibit Jahe Merah Surabaya

Agen bibit jahe merah

Pemilihan bibit yang benar dan juga tetap merupakan salah satu cara agar mendapatkan hasil panen yang terbaik dan memiliki kualitas yang terbaik juga. Beberapa syarat dan keharusan dalam memilih bibit yang unggul dalam membudidayakan jahe merah adalah :

  • Memiliki umur satu tahun , dan dalam 1 tahun itu calon bibit di perlakukan dengan baik.
  • Bebas dari penyakit seperti busuk rimpang dan juga jamur agar ketika di budidayakan tidak akan menghasilkan jahe yang buruk.

Ke 2 faktor di atas adalah factor yang memang betul-betul di perhatikan dalam membuat dan juga mencari bibit dari jahe merah ini sendiri. Jangan sampai kita merugi gara-gara hasil panen dari jahe merah yang tidak sesuai dengan permintaan di pasar.

Spesifikasi Pohon Jahe Merah

Grosir bibit jahe merah

Untuk bentuk dari bibit jahe merah itu sendiri hampir sama dengan jahe pada umumnya , namun ada beberapa ciri yang bisa kita kenali seperti :

  • Ciri yang perama adalah jahe merah memiliki batang semu
  • Ketinggian pohon antara 30-100cm , Namun rata rata memiliki tinggi 30-50cm.
  • Daun dari tanaman jahe merah ini memiliki ukuran yang  sempit dengan panjang 15-23 mm.
  • Untuk tangkai daunnya sendiri ,  jahe merah lebih berbulu dan memiliki panjang antara 2-4 mm.
  • Jahe merah ini memiliki bunga.
  •  Batang nya tersembul keluar dari dalam tanah bukan dari batang daun
  • Berbetuk  seperti tongat, gagang bunga tidak  memiliki berbulu, bunganya berwarna merah terang dan dilindungi oleh daun yang berwarna hijau yang lebat.

Selain beberapa point yang sudah di jelaskan di atas , pohon jahe marah ini hanya dapat tumbuh pada tanah yang betul-betul subur, gembur dan banyak mengandung nutrisi tanah.

Cara Pembibitan Jahe Merah

Bibit jahe merah siap panen

Seperti yang sudah di sebutkan tadi , di Indonesia sendiri terdapat salah satu jenis jahe yang cukup ampuh dan sangat baik manfaatnya yaitu jahe merah. Ukuran dari jehe jenis ini kecill-kecil yang berbeda dengan beberapa jenis jahe lainnya. Selan itu juga ada keunggulan tersendiri dari jahe jenis ini adalah memiliki kandungan minyak asiri lebih besar yakni sekitar 2,58 – 2,72 %.

Oleh karena itu beberapa orang memilih untuk membudidayakan jahe merah dari pada jahe lainnnya. Berikut adalah cara budidaya jahe merah yang bisa anda ikuti.

     1. Mempersiapkan media tanam

Langkah yang pertama adalah dengan menyiapkan media tanam dari tanaman jahe merah ini. Media tanam dari jahe merah bisa menggunakan polybag ataupun jenis karung bekas yang bisa  membuat anda hemat biaya.

Untuk isian dari polybag itu sendiri isikan perbandingan 1:1:1 antara tanah , pasir dan juga pupuk. Untuk jenis pupuk yang di gunakan di awal ini usahakan menggunakan pupuk organic agar mudah di serap leh tanaman.

     2. Menyiapkan bibit jahe merah

Langkah selanjutnya adalah dengan menyiapkan bibit jahe merah yang akan kita budidayakan. Jika kalian berada di Surabaya beli lah bibit jahe kepada orang yang jual bibit jahe merah Surabaya. Usahakan bibit yang di gunakan adalah bibit unggul yang dimana memiliki ciri berumur tua , bebas dari hama dan jamur  , selain itu juga tidak ada bekas luka di bibitnya.

Setelah memiliki bibitnya , rendam di dalam cairan yang sudah di campur fungisida selama kurang lebih 15 – 20 menit yang dimana  langkah ini bertujuan untuk membasmi berbagai bakteri jahat yang ada di dalam bibit jahe.

Setelah langka yang di atas sudah dilakukan , langkah selanjutnya adalah dengan menyemai jahe yang sudah di rendam tadi. Lokasi penyemaiannya di tempat yang lembab dan jauh dari sinar matahari langsung. Jaga dan control penyemaian bibit jahe agar tetap lembab.

     3. Cara Menanam Bibit

Selanjutnya kita masuk kedalam bagaimana cara menanam bibit jahe merah dengan benar.

Ketika penyemaian berhasil dan bibit dari jahe merah sudah mengeluarkan tunasnya , berarti kita bisa memindahkannya  ke dalam tanah yang sudah kita siapkan. Tancapkan 3 – 5  rimpang dari jahe merah ke dalam  polybag . Jangan lupa perhatikan  posisi dari tunas yangharus di posisikan berdiri dengan  mata tunas di atas dans setelah itu cobalah untuk urug tanah  dan atau tutup dengan jerami kering.

Setelah rapih , jaga pohon jahe merah dengan cara menyiramnya dengan air secukupnya dan juga jangan lupa untuk untuk menyimpannya di tempat yang terduh  atau tidak terkena sinar matahari langsung hingga tunas di bibit mulai tumbuh  menjadi daun. Karena tunas  yang baru akan mudah menguning apabila terkena matahari langsung.

     4. Pemeliharaan

Langkah selanjutnya adalah memelihara perkembangan jahe agar sesuai dengan seharusnya. Beberapa yang harus kita jalani agar mendapatkan pohon jahe yang sehat dalah menyiramnya setiap hari dengan rutin  setiap sore hari. Penyiraman harus lebih rutin terutama 3 bulan awa.

Dan ketika menginjak bulan ke 4 , lakukanlah penyiangan dengan rutin juga agar terhindar gulma yang dapat menggangu pertumbuhan dari jahe merah nantinya.

     5. Panen

Masa tanam dari jahe merah ini sekitar 10 – 12 bulan tergantung lokasi dan perawatan kita yang biasanya bisa di percepat dengan pemberian pupuk atau unsur hara yang banyak pada tanah. Namun beberapa orang merekomendasikan umur yang baik ketika di panen sekitar 12 bulan yang berarti jahe merah sudah siap untuk di panen.

Cara panenya cukup dengan membuka atau merobek polybag yang di tanami oleh jahe dan ambil rimpang jahe merah dan kemudian cuci dengan cara di bilas saja dengan air bersih yang mengalir. Setelah itu bisa di jemur atau hanya di angin-angin saja.

Berikut di atas adalah cara menanam bibit jahe merah yang mudah dan bisa di praktekan oleh siapapun dirumah.

Jual bibit jahe merah surabaya

Info Pembelian Bibit Jahe Merah Surabaya

Info lebih lanjut hubungi : 08885146031 (WA) 24 JAM

Info lebih lanjut hubungi : 08885146031 (WA) 24 JAM

Kami Jual Bibit Jahe Merah Surabaya

jual bibit jahe merah surabaya murah, bibit jahe merah murah, jual bibit jahe merah surabaya dengan kualitas super harga murah jual bibit jahe merah surabaya jual bibit jahe merah surabaya

Just to share with everyone
Exit mobile version