Gerakan Dasar Senam Lantai

Gerakan Dasar Senam Lantai – Selain mengonsumsi makanan bergizi, olahraga juga berperan penting dalam menjaga kesehatan fisik dan mental manusia. Olahraga diperlukan untuk menjaga kebugaran fisik.

Senam lantai atau senam artistik adalah salah satu gerakan yang paling kompleks. Setiap otot dalam tubuh memainkan peran penting dalam pengoperasian senam lantai.

Senam lantai adalah latihan yang dapat dilakukan tubuh baik di dalam maupun di luar ruangan. Sesuai namanya, olahraga ini dilakukan di permukaan lantai menggunakan alas berupa kasur atau matras.

Matras bertindak sebagai alat bantu yang berfungsi untuk mengurangi risiko kecelakaan saat berolahraga. Perangkat ini idealnya ditempatkan pada permukaan datar dan jauh dari objek yang rentan terhadap tabrakan.

Tujuan dari senam lantai adalah untuk melatih keseimbangan dan kekuatan tubuh selain menjaga kesehatan yang baik. Seperti semua olahraga lainnya, jika dilakukan dengan teknik yang tepat, itu sangat bermanfaat bagi tubuh.

Elemen dasar senam lantai bergulir, berputar di udara, melompat, dan bersandar di tangan atau kaki Anda.

Lebar yang digunakan dalam kejuaraan senam lantai adalah 12 x 12 meter dalam ukuran persegi, dengan penambahan 1 meter untuk pengamanan di setiap sisi.

Dilaporkan dalam modul resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, latihan senam lantai membantu membangun komponen tubuh. Berlatih senam lantai dapat memberi Anda kekuatan, tekad, kelincahan, dan tubuh seimbang.

Ada sejumlah gerakan yang berbeda, Anda akan melakukan senam lantai yang relatif sederhana dan mudah dipraktikkan. Namun demikian, latihan ini tidak menentukan aspek keselamatan dan membutuhkan kondisi fisik terbaik.

Pesenam juga bisa menciptakan gerakan senam lantai. Namun, kreasi atletik hanya dapat dicapai dengan menguasai aturan, teknik, dan gerakan dasar senam lantai.

Ikuti penjelasan tentang berbagai macam gerakan dasar senam lantai dan bagaimana melakukannya:

Gerakan Lilin (Pose Lilin dan Bahu Berdiri)

gerakan dasar senam lantai
gerakan dasar senam lantai

Lakukan gerakan senam lantai pose lilin secara rutin saat melakukan olahraga ringan, 7 Efek Untuk Menciptakan Tubuh yang Baik

Teknik lilin adalah teknik operasi dasar pertama senam lantai. Pmula bisa melakukannya dalam posisi yang mudah.

Dengan cara : Tidur tegak dengan bahu berada di matras, angkat pinggang Anda dengan kedua tangan dan angkat kaki Anda secara vertikal.

Manfaat dari gerakan lilin meliputi:

Untuk menjaga kesehatan kelenjar tiroid
Meredakan sakit kepala, hidung tersumbat, sakit leher sirkulasi darah dengan kepala
Meredakan kram perut yang disebabkan oleh menstruasi
Mengurangi sembelit, gangguan pencernaan, asma

Regangkan otot-otot leher bagian atas dan punggung. Kencangkan otot perut dan kaki.
Gerakan lilin ini tidak dianjurkan untuk orang dengan tekanan darah tinggi, glukosa dan diabetes. Hamil.

Senam Lantai Gerakan Kupu-kupu

pose kupu-kupu

Cara melakukan gerakan dasar senam lantai ini sangat mudah. Lakukan posisi duduk dan sebarkan kaki Anda terpisah seperti sayap kupu-kupu. Kemudian tangan memegang kaki dan meregangkannya lurus. Menarik tangan, punggung, bahu, dll.

Pose kupu-kupu berguna untuk merangsang sirkulasi darah dan cocok bagi yang mengalami kram menstruasi.

Tindakannya sangat sederhana. Yang harus Anda lakukan adalah mencapai ke depan. Sejauh. Jaga lutut dan jari-jari Anda berhubungan satu sama lain, dan akhirnya, letakkan dada Anda di antara paha Anda.

Namun, manfaat melakukan latihan ini sangat besar.

Gerakan Child’s Pose

gerakan child pose

Gerakan senam lantai yang satu ini cukup mudah dilakukan dengan cara meregangkan tangan ke depan dan melebarkan lutut serta jari agar tetap menyentuh matras kemudian meletakkan dada dan kepala ke matras.

Menempatkan lutut lebar-lebar akan membuat perut nyaman di antaranya. Pose ini membantu mengatasi pinggul yang terlalu lama berkegiatan dan membuatnya kelelahan.

Forward Roll

forward roll gerakan dasar senam

Forward roll atau roll depan adalah teknik dasar yang harus digunakan atlet pada tubuh bagian atas mereka seperti tengkuk leher, punggung, pinggang, dan panggul untuk berguling ke depan. Operasi gulir ke depan dapat dilakukan dengan dua awalan: awalan berdiri dan awalan jongkok.

Untuk melakukannya dengan cara, bergulir ke depan dengan awal belokan, cara untuk mengikuti langkah berikutnya :

 

  1. Siapkan tubuh dengan berdiri yang tegap dan tangan lurus di samping badan.
  2. Angkat tangan dan tekuk tubuh ke arah depan, lalu letakkan telapak tangan di atas kasur.
  3. Atur selalu tubuh agar tetap pada posisi kaki yang lurus
  4. Tekuk siku mengarah ke samping dan meletakkan kepala di antara kedua tangannya.
  5. Pastikan agar bahu menyentuh matras
  6. Gulung tubuh Anda ke depan.
  7. Lipat dan Tarik lutut bagian itu bersama dengan dagu Anda ke arah dada Anda.
  8. Peluk lutut dengan kedua tangan.
  9. Selesaikan posisi rolling ke depan dengan posisi jongkok dan berdiri tegak.

Sementara itu, guling depan awalan jongkok dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Siapkan tubuh dengan sikap jongkok. Jejerkan dan rapatkan kaki Anda dan letakkan lutut Anda dekat dengan dada Anda
  2. Letakkan tangan Anda di atas jari-jari kaki dan tekuk tangan Anda.
  3. Letakkan pundak di atas matras, tundukkan kepala Anda sampai dagu Anda menyentuh dada Anda.
  4. Lakukan gerakan untuk berguling ke depan.
  5. Ketika Anda menundukkan kepala, sentuh kasur, ambil tulang kering, dan jongkok lagi.

Backward Roll

backward roll

Perilaku dasar senam lantai ini adalah kebalikan dari forward roll. Namanya bisa menjadi back roll atau Gulung ke belakang atau  berguling ke belakang. Gerakannya mirip dengan berguling ke depan, tetapi sebaliknya.

Pertama, tangan berada di sebelah telinga dan telapak tangan naik ke atas. Lalu berguling ke belakang dengan cara meletakkan pantat terlebih dahulu ke arah belakang. Beri gaya penolakan yang cukup untuk menggulung tubuh kebelakang.

Selanjutnya, tarik lutut Anda di belakang kepala Anda ketika punggung menyentuh matras. Ketika kaki Anda menyentuh kasur, sanggah tubuh dengan telapak tangan Anda. Lalu angkat kepalamu dan jongkok.

Cartwheel

gerakan dasar senam lantai

Cartwheel adalah latihan dasar untuk jatuh jungkir balik di lantai. Hal-hal kecil yang seringdilakukan ketika masih anak-anak, dengan cara menumpu tangan dan memutar seluruh tubuh ke samping.

Caranya adalah dengan menjangkau tangan ke atas lalu menghadapkan telapak tangan ke arah depan dan membungkukkan badan ke depan dan letakkan telapak tangan sebelah kiri agar menumpu pada lantai secara bersamaan.

Kemudian goyangkan dan putar kaki kanan ke atas. Ikuti gerakan tangan kanan Anda. Di matras tempat bahu telapak tangan kanan bersentuhan. Lakukan hal yang sama untuk kaki kiri Anda sampai kedua kaki berada di atas dan tubuh Anda berdiri tegak.

Tiger Sprong

tiger sprong

Perilaku dasar senam lantai yang terlibat dalam melompat adalah lompatan kearah depan dengan kedua tangan bergerak maju dan melanjutkan posisi jongkok, atau biasa disebut sebagai Tiger Sprong.

Lompatan harimau itu sendiri adalah gerakan variasi dari gerakan salto. Perilakunya mirip dengan forward Roll hanya membedakan antara lompatan.

Gerakan Senam Lantai Kayang

kayang

Kayang adalah dasar dari senam lantai. Cara melakukan kayang seperti menunduk namun dilakukan secara berlawanan arah.

Meletakkan kedua tangan dan kaki agar bertumpu di matras atau lantai dengan posisi berlawanan dengan punggung membantuk seperti busur dengan posisi perut menghadap ke atas.

Pemula membutuhkan pinggang yang cukup fleksibel, untuk itu lakukakan secara perlahan.

Ini adalah latihan yang dapat membantu Anda meregangkan dada Anda dengan lengan, pergelangan tangan, kaki, pinggul, perut, dan tulang belakang Anda.

Handstand

handstand

Handstand berpose dengan cara menjadikan tangan sebagai tumpuan seluruh badan. Latihan ini telah menjadi yang paling populer dan telah banyak digunakan dan banyak digunakan dalam beberapa olahraga lain seperti yoga dan tari modern.

Manfaat memiliki handstand dapat membantu sirkulasi darah dan oksigen dan tubuh bagian bawah diteruskan ke tubuh bagian atas, yang membantu memberikan stabilitas dan menghilangkan stres, yang juga membantu meningkatkan keseimbangan tubuh.

Gerakan Senam Lantai Headstand

headstand

Secara kasar, perilaku dasar senam lantai hampir identik dengan handstand, namun bedanya headstand bertumpu pada kepala.

Gerakan headstand tergolong cukup sulit.

Gunakan kedua tangan dan dahi untuk membungkuk dan menopang tubuh. Pemula harus ditemani oleh pendamping.

 

Share your love